Mengenal Dinamika dan Alat Musik Melodis

Perhatikan Gambar 1. Pada gambar tersebut terlihat seorang anak yang sedang bermain alat musik pianika. Berdasarkan fungsinya, pianika termasuk ke dalam kelompok alat musik melodis atau alat musik yang mempunyai nada. Alat musik melodis yang lain yaitu seruling, recorder, dan piano. Semua alat musik tersebut dapat menghasilkan nada. Nada-nada yang keluar dari alat musik tersebut dapat dijadikan melodi sebuah lagu. Agar dapat didengar sebagai bunyi yang indah, pada melodi dapat diberikan tanda ekspresi musik.

Salah satu tanda ekspresi musik yaitu dinamik. Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan dinamik? Dalam pembahasan ini kamu akan mengetahui makna dinamik, berapreasiasi terhadap dinamik, dan mengenal alat musik melodis.


A. Dinamik

Dinamik merupakan salah satu unsur musik yang menunjukkan keras lembutnya lagu dinyanyikan. Dinamik ditandai dengan istilah bahasa Itali. Berikut merupakan tanda-tanda yang digunakan untuk menunjukkan bunyi keras maupun bunyi lembut dalam lagu.
1. piano (p) artinya lembut
2. pianissimo (pp) artinya lembut sekali
3. mezzo piano (mp) agak lembut
4. forte (f) artinya keras
5. fortessimo (ff) artinya keras sekali
6. mezzo forte (mf) artinya agak keras

Untuk mengubah tanda dinamik digunakan tanda perubahan dinamik. Tanda tersebut adalah:
Tanda cresendo berarti melodi dinyanyikan semakin lama semakin keras. Sebaliknya, melodi dengan tanda decresendo dinyanyikan semakin lama semakin lembut. Keras lembutnya bunyi dalam lagu akan mempengaruhi suasana lagu sehingga memberi kesan indah pada lagu.

Pemakaian dinamik dalam setiap lagu berlainan, disesuaikan dengan corak dan syair lagu yang dinyanyikan. Perhatikan contoh apresiasi dinamik lagu berikut.




B. Mengenal Alat Musik Melodis

Alat musik melodis merupakan alat musik yang mempunyai nada. Menurut peranan dan fungsinya, alat musik ini berfungsi memainkan melodi lagu. Alat musik melodis ada bermacam-macam di antaranya recorder, pianika, harmonika, belira, dan saksofon.

1. Recorder
Berdasarkan cara memainkannya, recorder termasuk kelompok alat musik tiup. Jenis recorder ada empat, yaitu recorder sopranino, sopran, alto, dan tenor. Keempat recorder tersebut mempunyai ukuran yang berbeda. Ukuran recorder yang terkecil disebut recorder sopranino, ukuran yang sedang disebut recorder sopran, ukuran yang agak besar disebut recorder alto, dan ukuran yang paling besar disebut recorder tenor. Recorder yang sering digunakan di sekolah-sekolah yaitu recorder sopran.


2. Pianika
Pianika tergolong alat musik tiup yang berbilah seperti piano. Alat musik ini dimainkan dengan cara meniupkan udara langsung melalui lubang peniup atau melalui selang peniup. Kemudian, tuts ditekan seperti memainkan alat musik piano.


3. Harmonika
Harmonika juga tergolong alat musik tiup. Harmonika dimainkan dengan cara ditiup dan disedot sambil digeser ke arah kanan dan kiri.


4. Belira
Belira merupakan bilah-bilah logam yang diatur berderet seperti gambang. Alat musik belira dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul yang dibuat dari logam. Alat
musik ini biasanya digunakan untuk musik lapangan seperti drum band.


5. Saksofon
Saksofon merupakan alat musik tiup yang terbuat dari logam. Bentuknya seperti pipa rokok dan berklep logam. Pada lubang tiupnya menggunakan lidah-lidah. Alat musik ini dapat digunakan untuk berbagai jenis alat musik.




Tahukah Kamu
Menurut peranan dan fungsinya alat musik dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: alat
musik ritmis, melodis, dan harmonis.






Mengenal Dinamika dan Alat Musik Melodis, Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 4 SD
Buku Sekolah Elektronik, Departemen Pendidikan Nasional



Tidak ada komentar: