Mengapresiasi Karya Seni Tari


Apa yang kamu perhatikan jika melihat suatu pertunjukan karya seni tari? Jika kamu ingin memperluas wawasan di bidang tari tentu kamu akan memperhatikan berbagai unsur yang ada di dalamnya. Unsur-unsur tari di antaranya gerak, busana, dan iringan tari. Keseluruhan unsur tari telah kamu pelajari pada pelajaran di semester satu.

Perhatikan pertunjukan tari Lenso dari Ambon pada Gambar 1. Pertunjukan tari Lenso memperlihatkan berbagai gerakan yang lincah, busana yang menarik, serta properti dan iringan yang sesuai dengan karya tarinya.

Bagaimana gerak, busana, properti, dan iringan pada pertunjukan karya tari yang lain? Apakah unsur-unsur yang ada sesuai dengan karya tarinya? Perhatikan dan pelajari uraian berikut.


A. Unsur Tari Kidang

Tari Kidang merupakan tari bertema binatang yang berkarakter lincah dan gembira. Unsur tari Kidang di antaranya ada gerak tari, busana tari, tata rias tari, dan iringan tari. Baik gerak, busana, tata rias, dan iringan ditata sesuai dengan tema dan karakter tari, sehingga kelihatan bagus dan menarik. Dalam uraian berikut kita akan membahasnya satu persatu.

1. Gerak Tari Kidang

Sama seperti tari yang lain, di dalam tari Kidang juga ada gerak murni dan gerak maknawi. Gerak tari Kidang juga berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga. Tingkatan gerak pun bervariasi. Ada gerak tingkat tinggi, ada gerak tingkat sedang, dan ada gerak tingkat








2. Busana Tari Kidang

Perhatikan busana yang dikenakan oleh penari tari Kidang menyerupai binatang kijang. Hal ini sesuai dengan tema tarinya. Selain menyerupai binatang kijang, busana ini juga enak dipandang dan tidak mengganggu gerak tari. Berikut gambar dan nama-nama busana yang dikenakan untuk tari Kidang.



3. Tata Rias Tari Kidang

Tata rias tari adalah seni penggunaan alat-alat rias (bedak, lipstik, pensil alis, dan
lain-lain) untuk meng angkat cerita yang diperankan dalam tari dan membedakan karakter tari. Perhatikan tata rias tari Kidang pada Gambar 6. Tata rias yang digunakan disesuaikan dengan karakter tari Kidang yang lincah. Selain itu, karena tari Kidang menggambarkan tingkah laku binatang kijang, maka untuk penataan alisnya dibuat seperti tanduk kijang.



4. Iringan Tari Kidang

Iringan tari Kidang menggunakan permainan gamelan Jawa. Di antaranya ada gong, kendang, saron, bonang, gender, dan kenong. Permainan alat musik tersebut kadang-kadang juga dipadukan dengan suara manusia berupa nyanyian. Bila didengarkan, iringan untuk tari Kidang terdengar lincah dan dinamis sesuai dengan karakter tarinya.


Kegiatan 1
Lihatlah pertunjukan tari nusantara dari daerah lain.
a.    Tuliskan nama tarinya.
b.    Uraikan nama gerak, busana, dan perlengkapan tari lainnya yang digunakan dalam pertunjukan tari tersebut.
c.    Bacakan hasil tulisanmu di depan guru dan teman-teman.


B. Apresiasi Terhadap Keunikan Tari Daerah Lain

Apakah keunikan tari Kidang? Gerak-gerak yang indah dan lincah menyimbolkan tingkah laku kijang sehingga kelihatan unik. Selain gerak, keunikan pada tari Kidang juga terlihat dari penataan busananya yang hampir menyamai bentuk kijang. Bagaimana keunikan tari-tarian dari daerah lain? Perhatikan keunikan pada tari Piring berikut.





Kegiatan 2
a.     Amatilah pertunjukan karya seni tari nusantara daerah lain, baik secara langsung maupun melalui kaset video tari.
b.    Buatlah tulisan yang berisi tanggapanmu mengenai keunikan yang ada dalam karya tari yang kamu lihat.
c.    Bacalah hasil tanggapanmu di depan guru dan teman temanmu.






Mengapresiasi Karya Seni Tari, Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 4 SD
Buku Sekolah Elektronik, Departemen Pendidikan Nasional



Tidak ada komentar: