Memperagakan Tari Nusantara

Dalam materi sebelumnya kamu telah mempelajari unsur-unsur tari yang meliputi: gerak, busana, tata rias, properti (perlengkapan), dan iringan. Oleh karena keragaman budaya di nusantara, unsur-unsur tari setiap daerah juga beragam. Hal itu menimbulkan keunikan dari setiap tari daerah.


Perhatikan peragaan tari Lilin Syiwa pada Gambar 1. Keunikan tari daerah Palembang ini adalah pada gerak dan posisi penari. Semua penari berdiri berjajar ke belakang dengan posisi tangan yang berbeda. Jika dilihat dari depan menjadi seperti Dewa Syiwa bertangan delapan yang di setiap tangannya memegang lilin. Tentunya diperlukan persiapan dan latihan yang rutin untuk memperagakan tari tersebut.

Pada pembahasan ini kamu akan mempelajari cara memperagakan tari nusantara, khususnya yang ada di daerahmu. Sebelum memperagakannya di depan penonton, kamu harus mempersiapkan semua unsur dalam tari tersebut. Nah, mari kita mempelajarinya.


A. Persiapan Peragaan Tari Daerah

Pernahkah kamu tampil memperagakan karya seni tari di depan orang lain? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Untuk memeragakan karya seni tari yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah bentuk karya tarinya. Bentuk karya tari ada yang ditarikan sendiri (tunggal), berpasangan, atau berkelompok. Perhatikan beberapa contohnya dalam gambar berikut.





Setelah bentuk karya tari ditentukan, kamu perlu mempersiapkan iringan, busana, tata rias, properti, dan tempat pertunjukan yang sesuai dengan tari tersebut. Sebagai contoh, perhatikan persiapan untuk memeragakan karya seni tari Golek berikut.

Tari Golek pada awalnya merupakan bentuk tari tunggal, namun tidak menutup kemungkinan tari Golek ditarikan secara berkelompok. Untuk memeragakan karya tari, gerak sebagai unsur utama harus dipersiapkan. Gerak-gerak dalam tari Golek merupakan gerak-gerak tari gaya Yogyakarta. Di dalamnya ada gerak sembahan sila, muryani busana, dan trisik.

Untuk iringannya, tari Golek menggunakan alat musik gamelan Jawa yang dimainkan oleh beberapa orang. Iringan ini dapat menggunakan musik yang dimainkan secara langsung atau dengan memutar kaset rekaman melalui tape recorder. Busana yang dipersiapkan meliputi kain, baju, stagen, sampur, jamang, sinyong, slepe, serta aksesori berupa gelang, kalung, subang, dan cunduk mentul. Adapun tata riasnya yaitu rias wajah cantik yang menggunakan warna-warna cerah, karena tari Golek menceritakan seorang gadis yang menginjak dewasa.

Properti untuk tari Golek biasanya berupa sampur, tetapi ada juga tari Golek yang menggunakan properti berupa kipas. Tari Golek dapat dipertunjukkan di pendapa, panggung atau tempat-tempat lain tergantung acara yang diadakan.

Tahukah Kamu

Bentuk tari tunggal adalah bentuk tarian yang ditarikan secara individual atau sendiri, baik oleh penari laki-laki ataupun perempuan.Sebagai contoh tari Golek dari Yogyakarta, tari Kandagan dari Jawa Barat, dan tari Pendet dari Bali.

Bentuk tari berpasangan adalah bentuk tarian yang ditarikan secara berpasang-pasangan oleh penari putri dengan putra, putra dengan putra, atau putri dengan putri. Sebagai contoh tari Cokek dari Jakarta dan tari Gatotkaca Gandrung dari Jawa Tengah.

Bentuk tari kelompok ditarikan oleh lebih dari dua orang penari secara kelompok. Sebagai contoh tari Lilin dari Sumatera dan tari Kecak dari Bali.


B. Peragaan Tari dengan Iringan

Memperagakan karya seni tari, baik secara individu, berpasangan, maupun berkelompok tidak dapat dipisahkan dari iringan. Iringan mempunyai peranan yang penting dalam peragaan karya tari. Selain sebagai pengiring tari, iringan juga dapat mempertegas gerak tari dan membangun suasana tari. Perhatikan peragaan karya tari Kepak-Kepak Sayap yang diiringi lagu ”Burung Kutilang” berikut.














Setelah memperhatikan gerak tari Kepak-Kepak Sayap pada gambar di atas, coba lakukan kegiatan berikut.

Kegiatan

1.      Tirukan gerak tari Kepak-Kepak Sayap seperti di atas!
2.      Gabungkan gerak dan syair lagu yang meng iringi!
3.      Peragakan tari Kepak-Kepak Sayap di depan guru dan teman-temanmu, lengkap dengan iringan dan busana yang sesuai. Mintalah beberapa teman untuk bernyanyi agar kamu tambah bersemangat dalam melakukan gerakan!









Memperagakan Tari Nusantara, Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 4 SD
Buku Sekolah Elektronik, Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar: