Bermain Alat Musik Melodis dan Bernyanyi

Perhatikan Gambar 1. Pada gambar tersebut terlihat seorang anak mengiringi anak lain menyanyi menggunakan alat musik recorder. Alat musik melodis lain seperti pianika juga dapat digunakan untuk mengiringi sebuah lagu.

Dalam penyajian karya musik antara penyanyi dan pengiring harus selaras. Penyanyi harus menguasai nada-nada yang dinyanyikan sehingga suara tidak sumbang. Pengiring juga harus dapat mempertahankan tinggi rendah nada agar suara penyanyi tidak sumbang.

Untuk mencapai semua itu tentu diperlukan berbagai macam teknik, baik itu teknik memainkan alat musik melodis atau teknik menyanyi. Dalam pembahasan ini kamu akan belajar mengenai teknik bermain alat musik melodis dan teknik menyanyi yang baik.


A. Bermain Alat Musik Melodis

Telah disebutkan dalam pembahasan mengenal dinamika dan alat musik melodis bahwa alat musik melodis merupakan alat musik yang bernada. Alat musik ini dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu. Praktik alat musik melodis dapat diartikan memainkan alat-alat musik dengan mengutamakan tinggi rendahnya nada dari melodi lagu. Mari kita praktikkan alat musik melodis berikut.


1. Recorder

Hal pertama yang harus kamu siapkan yaitu alat musik recorder. Kemudian, ikuti petunjuk berikut.
a.       Letakkan jari pada lubang recorder.
b.      Pastikan lubang tertutup rapat, kemudian tiuplah recorder perlahan-lahan. Tiupan harus rata. Jika tiupannya terdengar melengking berarti lubang recorder belum tertutup rapat.
c.       Setelah kamu berhasil meniup recorder dengan bunyi yang rata, lakukan kegiatan berikut.

Kegiatan 1

Siapkan alat musik recorder, kemudian mainkan nada-nada berikut.

Klik gambar untuk melihat lebih besar


Recorder menghasilkan banyak nada. Nada-nada itu dirangkai dalam suatu tangga nada. Sekarang cobalah untuk memainkan tangga nada menggunakan alat musik recorder.

Tangga nada merupakan kunci sebuah lagu. Dalam sebuah lagu kita sering melihat tanda Do=C. Tanda tersebut mempunyai makna bahwa tangga nada yang digunakan lagu itu yaitu C mayor. Sekarang, coba praktikkan sebuah melodi menggunakan alat musik recorder.

Kegiatan 2

Mainkan melodi di bawah ini menggunakan alat musik recorder.

1. Do=C, 4/4


2. Pilihlah salah satu lagu daerah yang telah kamu kuasai. Mainkan lagu itu dengan recorder.


Kamu sudah dapat memainkan alat musik recorder. Sekarang, kita lanjutkan dengan menyiapkan permainan alat musik recorder untuk menyanyikan suatu lagu. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dalam praktik bermain recorder.
  1. Memilih lagu sesuai dengan jangkauan nada yang dimiliki recorder.
  2. Menguasai nada dasar yang ada pada lagu yang dipilih.
  3. Mengetahui posisi jari terhadap nada-nada yang ada pada lagu.

2. Pianika

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum praktik bermain alat musik pianika. Hal-hal tersebut sebagai berikut.
a.       Mengetahui wilayah nada yang ada pada alat musik pianika.
b.      Mengetahui cara memainkan alat musik pianika, yaitu dengan cara meniupkan udara pada selang peniup (mouth piece) sambil menekan tuts yang ada pada alat musik pianika.
c.       Mengetahui tugas dari setiap jari tangan kanan.
d.      Mengetahui cara memegang pianika, yaitu tangan kiri memegang pianika sedangkan jari-jari tangan kanan menekan tuts. Perhatikan Gambar 2.


Pada pembahasan mengenal dinamika dan alat musik melodis kamu telah belajar melemaskan jari-jari tangan dengan berlatih tangga nada. Nomor penjarian pada tangga nada tidak selamanya sama dengan nomor penjarian pada melodi. Kamu dapat mengembangkannya sendiri.

Setelah kamu mengetahui hal-hal di atas, lakukan kegiatan berikut.

Kegiatan 3

Siapkan alat musik pianika kemudian mainkan nada-nada berikut. Perhatikan penjarian nadanya. Sebagai contoh nada 1 (do) ditekan menggunakan ibu jari.


Seperti pada recorder, dalam bermain alat musik pianika juga harus dipersiapkan beberapa hal berikut.
a.       Sebelum dan sesudah menggunakan pianika sebaiknya selang peniup (mouth piece) dicuci terlebih dahulu.
b.      Memilih lagu sesuai dengan jangkauan nada yang dimiliki alat musik pianika.
c.       Melakukan pemanasan dengan berlatih tangga nada lagu yang akan dimainkan.
d.      Menguasai berbagai macam tangga nada lagu. Berikut beberapa contoh tangga nada lagu.


Kegiatan 4

Perhatikan penjarian yang ada pada lagu ”Burung Kakaktua”. Mainkan lagu ”Burung Kakaktua” menggunakan alat musik pianika.



B. Menyanyikan Lagu Daerah dan Lagu Wajib dengan Iringan

Menyanyi merupakan suatu kegiatan mengeluarkan suara yang bernada dan mengandung maksud tertentu. Dalam menyanyi ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu teknik dasar dan penyampaian lagu.


1. Teknik Dasar Menyanyi

a. Intonasi
Intonasi merupakan ketepatan bunyi nada. Latihan intonasi merupakan dasar utama dalam menyanyi. Intonasi yang tidak tepat akan menjadikan suara sumbang dan tidak enak untuk didengar. Berikut contoh latihan intonasi yang dapat kamu lakukan. Nyanyikan nada-nada berikut dengan tepat.


b. Pernapasan
Pernapasan merupakan proses pengambilan, penyimpanan, dan pengeluaran udara. Tujuan utama latihan pernapasan yaitu agar udara yang masuk ke dalam paru-paru dapat ditahan sehingga lagu yang dinyanyikan tidak terputus-putus. Kamu dapat melakukan teknik dasar latihan pernapasan sebagai berikut.
1)      Badan berdiri tegak, posisi punggung rata jangan membungkuk.
2)      Hiruplah udara melalui hidung sebanyak-banyaknya kemudian keluarkan sedikit demi sedikit. Usahakan sewaktu menghirup udara bahu tidak terangkat ke atas.



2. Penyampaian Lagu

Keberhasilan dalam menyampaikan lagu tergantung pada ketepatan menafsirkan maksud dan tujuan lagu tersebut. Sebagai contoh lagu wajib yang berjudul ”Merah Putih” ciptaan Ibu Sud berikut.


Berdasarkan latar belakang penciptaannya, lagu ini di ciptakan dalam rangka menumbuhkan rasa bangga terhadap bendera Merah Putih. Karena lagu Merah Putih merupakan lagu yang berisi kebanggaan terhadap bendera Merah Putih, maka kamu harus menyampaikan dengan bersemangat. Kesan semangat itu dapat kamu rasakan melalui pergerakan irama lagu yang banyak menggunakan not seperenambelasan. Selain itu, kamu juga dapat merasakan melalui tempo lagu di marcia yang berarti bersemangat.

Setiap jenis lagu mempunyai karakter yang berbeda-beda sehingga cara penyampainnya pun berbeda pula. Sebagai contoh lagu daerah yang berjudul ”Bungong Jeumpa” dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam berikut.


Lagu ini termasuk jenis lagu daerah sehingga syair lagunya harus diucapkan sesuai dengan dialek daerah setempat. Isi syair ini menggambarkan tentang keindahan bunga cempaka yang terkenal di Aceh. Berdasarkan latar belakang penciptaannya lagu ini diciptakan sebagai bentuk apresiasi terhadap salah satu ciri khas daerah Aceh. Lagu ini dibawakan dengan tempo yang sedang. Hal ini dapat kamu rasakan dari pergerakan irama lagunya. Irama lagu ini tidak banyak yang menghentak-hentak. Jadi, kamu membawakan nya dengan tenang tidak perlu tergesa-gesa.

Lagu yang kamu nyanyikan akan indah jika ditunjang dengan iringan musik. Pada dasarnya semua alat musik dapat digunakan untuk mengiringi sebuah lagu. Sebagai contoh alat musik gitar. Alat musik ini banyak dijumpai dimana-mana sehingga kamu dapat menggunakannya. Kamu dapat meminta bantuan orang yang kamu anggap mampu untuk mengiringimu dalam menyanyi, contohnya guru kesenianmu.









Bermain Alat Musik Melodis dan Bernyanyi, Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 4 SD
Buku Sekolah Elektronik, Departemen Pendidikan Nasional



Tidak ada komentar: