Menggunakan Berbagai Macam Penggaris Segitiga

Segitiga digunakan untuk menarik garis tegak, miring, atau pun sejajar. Bahan yang digunakan kebanyakan mika transparan karena ringan. Biasanya digunakan sepasang segitiga yaitu segitiga dengan sudut 45°–45° dan segitiga, dengan sudut 60°–30°.


Cara menggunakan:
Sebelum segitiga atau alat jenis ini dipakai, sebaiknya diperiksa dahulu dengan ketentuan kelayakannya sebagai berikut.
– tepi mistar (segitiga) harus rata
– harus benar-benar siku (90°)

Setelah diperiksa dan ternyata alat tersebut dalam keadaan baik, maka segitiga tersebut dapat kita gunakan sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk membuat garis lurus atau membuat garis tegak lurus yang harus diperhatikan, dalam hal ini yaitu:
– arahkan pensil tegak lurus (90°) terhadap segitiga
– miringkan pensil 80° ke arah tarikan garis
– dalam menarik garis sambil pensilnya diputar



Mistar Gambar

Mistar gambar digunakan juga untuk menarik garis lurus dalam jarak yang panjang. Mistar gambar (teken haak) biasanya terbuat dari kayu atau mika. Tapi ada juga yang terbuat dari kayu dan mika.

Mistar gambar terdiri dari dua bagian yaitu bagian mistar yang panjang dan bagian kepala mistar membentuk sudut 90°.


Waktu menggunakan mistar gambar, bagian kepala dari mistar gambar harus dirapatkan pada sisi meja gambar yang dipegang dengan tangan kiri. Tetapi bagi yang kidal harus mencari alternatif lain yaitu mencari mistar gambar khusus.


Mistar gambar dipakai untuk membuat garis horizontal, dapat juga untuk membuat sudut 30°, 45°, 60° atau 90° dengan pertolongan segitiga. Setelah dipakai sebaiknya mistar digantungkan pada paku agar tidak menjadi bengkok.





Menggambar Garis, Teknik Gambar Bangunan SMK
Buku Sekolah Elektronik, Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar: