Menggambar Ilustrasi

Kamu tentu pernah membaca majalah dan surat kabar. Dalam majalah dan surat kabar terdapat banyak ilustrasi. Ilustrasi tersebut banyak macamnya, ada ilustrasi untuk cerita, ilustrasi untuk berita, juga ilustrasi untuk iklan. Ilustrasi tersebut berupa foto dan gambar ilustrasi. Dalam buku pelajaranmu pun terdapat banyak gambar ilustrasi. Ilustrasi tersebut dimaksudkan untuk memperjelas isi materi yang sedang dipelajari/dibahas. Perhatikan Gambar 1. Gambar 1 memperlihatkan ilustrasi dalam buku pelajaran Sains.



1. Pengertian dan Fungsi

Gambar ilustrasi adalah gambar yang menceritakan adegan atau peristiwa. Gambar ilustrasi mempunyai fungsi sebagai berikut.
a. Memperjelas alur atau isi cerita.
b. Memperjelas isi pesan dalam promosi sebuah benda/produk.
c. Menarik perhatian.
d. Menambah nilai artistik/keindahan.

Gambar ilustrasi dalam bentuk seni terapan sering kita temukan dalam ilustrasi buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertai gambar ilustrasi agar menarik.



2. Teknik dan Media

Menggambar ilustrasi dapat dilakukan dengan teknik kering atau teknik basah. Teknik kering menggunakan media pensil, arang, kapur, crayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air atau minyak. Sebaliknya, teknik basah menggunakan media yang berupa cat air, cat minyak, tinta, atau media la in yang memerlukan air atau minyak khusus sebagai pengencer.


3. Langkah-Langkah Menggambar Ilustrasi

Tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam menggambar ilustrasi sebagai berikut.

a. Menyiapkan Bahan dan Alat
Tentukan terlebih dahulu teknik yang akan kamu gunakan. Teknik kering atau teknik basah? Setelah itu persiapkan bahan dan alatnya.


b. Memahami Teks atau Cerita
Sebelum menggambar ilustrasi, kamu perlu memahami teks atau cerita terlebih dahulu. Bacalah teks dengan saksama, kemudian tandailah bagian yang penting atau perlu diberi ilustrasi. Perhatikan contoh penggalan teks beserta ilustrasinya dalam buku pelajaran sains berikut.


Gambar ilustrasi tumbuhan putri malu di atas digunakan untuk memperjelas uraian mengenai cirri-ciri tumbuhan putri malu pada teks di sampingnya. Selanjutnya, simaklah penggalan teks ”Buah Nanas” berikut. Simak juga langkah-langkah menggambar ilustrasinya pada halaman 14.


c. Membuat Sketsa
Sketsa yang dibuat sebaiknya lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik. Perhatikan dua contoh sketsa buah nanas di bawah.


d. Menggambar dan Mewarnai
Dari beberapa sketsa yang kamu buat, pilihlah salah satu yang terbaik. Sempurnakan garis-garis pada sketsa dan hapuslah garis-garis yang tidak perlu. Setelah itu, warnailah dengan baik.



Kegiatan
Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama.

Bunga Bangkai

Bunga bangkai mempunyai banyak sebutan. Sebutan tersebut yaitu suweg raksasa, batang krebuit, patma raksasa, dan raffl esia arnoldii. Bunga bangkai merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan. Bunga ini berasal dari Bengkulu, Sumatra, Indonesia.
Bunga bangkai berbentuk seperti lingga, sangat besar, dan tinggi. Ketinggian bunga bangkai dapat mencapai lima meter. Pemberian namanya didasarkan pada aroma yang dikeluarkannya, yaitu bau seperti bangkai yang membusuk. Aroma yang dikeluarkan bunga ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengundang kedatangan kumbang dan lalat penyerbuk. Kedatangan kumbang dan lalat penyerbuk sangat membantu bunga ini dalam penyerbukan.

Buatlah gambar ilustrasi yang sesuai untuk penggalan teks di atas. Apabila kesulitan menggambarkan bentuk bunga bangkai, carilah gambar bunga bangkai dari buku, majalah, atau internet. Contohlah gambar tersebut, kemudian warnai dengan baik. Kamu dapat menggunakan teknik kering, teknik basah, atau gabungan keduanya. Selamat berkarya.





Menggambar Illustrasi, Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 4 SD
Buku Sekolah Elektronik, Departemen Pendidikan Nasional



Tidak ada komentar: