Mengenal Ragam Lagu dan Alat Musik Ritmis

A. Mengenal Karya Musik

Karya musik dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu karya musik instrumental dan karya musik vokal. Karya musik vokal berupa lagu. Sebaliknya, karya musik instrumental berupa permainan alat musik tanpa nyanyian.

Setiap jenis lagu memiliki ciri khusus dan misi tertentu pula. Untuk mengetahui karakter atau watak setiap jenis lagu, kita dapat memperhatikan bentuk, tema, dan tingkat kesulitan lagu tersebut. Jenis atau lagu ada berbagai macam. Ada lagu anak-anak, lagu nasional, lagu daerah, dan lagu wajib. Di bawah ini merupakan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh setiap jenis lagu.

1. Lagu Anak-Anak
Bentuk lagu anak anak biasanya sederhana dan temanya sesuai dengan jiwa anak-anak. Syair lagu tidak terlalu panjang, bahasa sederhana, dan mudah dimengerti artinya. Ambitus suara anak-anak masih terbatas. Oleh karena itu, nada-nada yang digunakan dalam melodi lagu tidak boleh melebihi sepuluh nada. Semakin sedikit jumlah nada yang dipergunakan untuk menyusun melodi lagu akan menjadikan lagu anak-anak tersebut lebih berbobot. Perhatikan contoh lagu anak-anak di bawah ini.



2. Lagu Daerah
Syair lagu daerah berisi gambaran tingkah laku masyarakat setempat secara umum. Bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah setempat. Teknik ucapan harus dibawakan sesuai de ngan dialek bahasa daerah setempat. Bentuk dan pola susunan melodi sederhana sehingga mudah untuk segera di kuasai oleh semua lapisan masyarakat. Perhatikan contoh lagu daerah Tapanuli berikut.



3. Lagu Nasional
Maksud dan tujuan diciptakannya lagu nasional adalah menumbuhkan nasionalisme, kepahlawanan, dan mengobarkan semangat juang bangsa. Sesuai dengan tujuan tersebut, banyak syair lagu nasional mengungkapkan semangat berjuang dan persatuan. Perhatikan contoh lagu nasional berikut.



4. Lagu Wajib Nasional
Di antara banyak judul lagu nasional terdapat dua belas judul lagu yang dikelompokkan dalam jenis lagu wajib nasional. Jenis lagu ini wajib diajarkan di sekolah dalam rangka menghidupkan dan menanamkan rasa kebangsaan, persatuan, persaudaraan, serta memupuk semangat proklamasi kepada pemuda, pelajar, dan bangsa Indonesia.Perhatikan contoh lagu wajib nasional berikut.



Tahukah Kamu


Ambitus suara adalah batas nada-nada yang mampu di jangkau oleh seseorang. Ambitus suara anak-anak ting gi antara nada c1–f2 dan suara anak-anak rendah a–d2.


Berikut ini adalah dua belas judul lagu wajib nasional.
  1. ”Indonesia Raya” ciptaan W.R. Supratman
  2. ”Garuda Pancasila” ciptaan Prohar/Sudarnoto
  3. ”Merah Putih” ciptaan Ibu Sud
  4. ”Berkibarlah Bendera ku” ciptaan Ibu Sud
  5. ”Dari Sabang Sampai Merauke” ciptaan R. Suraryo
  6. ”Indonesia Tetap Merdeka” ciptaan C. Simanjuntak
  7. ”Halo-Halo Bandung” ciptaan Ismail Marzuki
  8. ”Hari Merdeka” ciptaan H. Mutahar
  9. ”Maju Tak Gentar” ciptaan C. Simanjuntak
  10. ”Satu Nusa Satu Bangsa” ciptaan L. Manik
  11. ”Bagimu Negeri” ciptaan Kusbini
  12. ”Syukur” ciptaan H. Mutahar

Dalam musik vokal ada beberapa bentuk penyajian lagu, antara lain sebagai berikut.
  1. Anthem, biasanya lagu-lagu nasional dan lagu-lagu yang bersifat patriotik.
  2. Aria adalah bentuk nyanyian tunggal yang merupakan petikan dari sebuah opera.
  3. Ballada adalah lagu-lagu daerah yang mengutarakan sebuah kisah atau lagu-lagu pop yang sedih.
  4. Canon adalah sebuah karya musik/lagu yang dinyanyi kan secara susul menyusul.
  5. Hymne adalah bentuk lagu puji-pujian.



B. Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis merupakan alat musik tidak bernada. Ada berbagai macam alat musik ritmis, contohnya triangle, tamborin, marakas, kastanyet dan kongo. Meskipun demikian semuanya memiliki fungsi yang sama yaitu memainkan irama lagu. Bagaimana bentuk dan cara memainkannya? Mari mengenali berbagai alat musik ritmis berikut.

1. Triangle


Triangle merupakan alat musik ritmis yang terbuat dari logam dan berbentuk segitiga. Alat musik ini juga dipukul menghasilkan suara yang nyaring dan tinggi. Cara memainkannya digantung pada tangan kiri kemudian tangan kanan memukulnya menggunakan besi pemukul.


2. Tamborin


Tamborin merupakan alat musik ritmis yang berupa lingkaran logam. Pada sisi-sisinya terdapat lingkaran logam kecil yang dipasang rangkap. Permukaan tamborin dilapisi kulit. Tamborin dimainkan dengan cara dipukul dengan telapak tangan atau digoyang-goyangkan.


3. Marakas


Marakas merupakan alat musik yang berbentuk bulat di dalamnya berisi butiran-butiran benda keras. Marakas terdiri atas dua buah dan dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan dengan kedua tangan. Bunyi yang dihasilkan yaitu gemerisik.


4. Kongo

Kongo merupakan alat musik ritmis sejenis gendang yang terbuat dari kayu yang berbentuk agak panjang. Pada bagian permukaan nya dilapisi kulit. Kongo terdiri atas dua buah yang berbeda ukurannya dan diletakkan pada tiang besi sebagai gantungannya. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan.







Mengenal Ragam Lagu dan Alat Musik Ritmis, Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 4 SD
Buku Sekolah Elektronik, Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar: