Membaca Teks dan Menemukan Pikiran Pokok

Apakah kalian gemar membaca? Berapa kali kalian membaca buku dalam sehari? Jenis buku apa yang kalian baca? Dapatkah kalian memahami keseluruhan buku yang telah kalian baca?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita dapat memahami isi teks (bacaan) yang kita baca, yaitu:
1. Bacalah dengan seksama teks secara keseluruhan!
2. Catatlah hal-hal penting yang kalian temukan!
3. Temukan pikiran pokok yang terdapat dalam setiap paragraf tersebut!
4. Temukan pikiran pokok keseluruhan bacaan!

Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf. Pikiran pokok disebut juga pikiran utama, gagasan utama atau gagasan pokok. Setiap paragraf memiliki satu pikiran pokok yang merupakan inti dari pembicaraan yang ada pada paragraf tersebut. Beberapa pokok pikiran paragraf dapat dijadikan dasar untuk menemukan pikiran pokok dari suatu bacaan. Oleh sebab itu, sebelum mencari pikiran pokok dari suatu bacaan, haruslah menemukan dahulu pikiran pokok paragraf.

Pikiran pokok dalam suatu paragraf biasanya terdapat di awal, tengah atau akhir paragraf.

Pikiran pokok terdapat dalam kalimat yang paling umum dan biasanya dijelaskan dengan kalimat lain yaitu kalimat-kalimat penjelas sebagai uraian dari pikiran pokok atau gagasan pokok.
  
Perhatikan beberapa contoh paragraf dan pikiran pokoknya berikut ini!
  
Contoh 1

Paragraf:
Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Hampir di semua negara diadakan pertandingan-pertandingan sepak bola untuk mencari atlet-atlet yang andal dalam olahraga ini. Berbagai peristiwa akbar olahraga sepak bola seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia, serta liga tingkat nasional di berbagai negara merupakan salah satu bukti bahwa olahraga ini memang sangat digemari.

Pikiran pokok:
Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia.


Contoh 2
  
Paragraf:
Malam itu Butet sedang membuat karangan tentang sepeda. Tiba-tiba, listrik padam. Seketika itu, dia tidak dapat melanjutkan karangannya. Dia melangkah pelan menuju tempat lilin, tetapi benda itu sulit dicari karena gelap.

Pikiran pokok:
Listrik padam.


Contoh 3

Paragraf:
Marpaung adalah anak yang rajin. Setiap ada PR dari guru di sekolah, dia selalu mengerjakan dengan baik, bahkan dia mengerjakan lebih dahulu. Dia tidak pernah menunda-nunda pekerjaan. Begitu pula jika ada pekerjaan rumah dari orang tuanya. Dia juga mengerjakannya dengan rajin. Pekerjaan seperti memberi makan ayam dan membersihkan ruang selalu dikerjakan dengan baik.

Pikiran pokok:
Marpaung anak yang rajin.


Contoh 4

Paragraf:
Keluarga Pak Wiryo adalah keluarga yang rukun. Mereka saling membantu dalam bekerja. Hari ini keluarga Pak Wiryo pergi ke sawah. Mereka akan menanam padi. Pak Wiryo dibantu Bu Wiryo dan kedua anaknya, yaitu Lina dan Teguh.

Pikiran pokok:
Keluarga Pak Wiryo ingin menanam padi.


Contoh 5

Paragraf:
Setiap usainya lebaran, kota-kota besar dibanjiri pendatang baru. Kebanyakan dari mereka adalah keluarga perantau dari desa. Selama mereka mudik lebaran, mereka mengabarkan kesuksesannya. Mereka mengajak handai taulannya mengikuti jejaknya. Hal itulah yang menyebabkan membanjirnya arus urbanisasi di kota besar.

Pikiran pokok:
Setiap usainya lebaran, kota-kota besar dibanjiri pendatang baru.


Contoh 6

Paragraf:
Teman-teman, pernahkah kamu mendengar pepatah yang mengatakan ada gula ada semut? Pepatah itu kira-kira bermakna jika ada sesuatu yang menarik, orang akan datang. Pepatah ini mungkin dapat diterapkan juga pada kebiasaan kita jajan di pinggir jalanan. Jika ada pedagang di sekolah, akan terlihat kerumunan teman-teman kita, baik sebelum masuk sekolah maupun setelah pulang dari sekolah, bahkan ada yang baru datang ke sekolah langsung mendatangi pedagang itu tanpa menyimpan dahulu peralatan sekolahnya. Jadi, kalau tidak ikut berkerumun untuk jajan di pinggir jalan, ada perasaan kurang pada diri teman-teman.

Pikiran pokok:
Jika ada pedagang di sekolah, akan terlihat kerumunan teman-teman kita.


Contoh 7

Paragraf:
Evan siswa kelas IV SD Merdeka. Ia anak yang rajin belajar dan gemar membaca buku. Ia juga gemar membaca puisi. Setiap hari Evan selalu meluangkan waktu untuk membaca buku dan membaca puisi. Tak heran setiap kali ada lomba membaca puisi, Evan selalu ikut.

Pikiran pokok:
Evan siswa kelas IV SD Merdeka.


Bacalah bacaan di bawah ini!

Menanam Padi


Keluarga Pak Wiryo adalah keluarga yang rukun. Mereka saling membantu dalam bekerja. Hari ini keluarga Pak Wiryo pergi ke sawah. Mereka akan menanam padi. Pak Wiryo dibantu Bu Wiryo dan kedua anaknya, yaitu Lina dan Teguh.
Pak Wiryo dan Bu Wiryo menyiapkan benih yang akan ditanam. Mereka mencabuti benih yang telah disemaikan. Agar akarnya tidak putus mereka mencabuti dengan hati-hati. Benih yang sudah dicabuti dibawa Teguh ke petak sawah yang akan ditanami. Setiap petak mendapat sejumlah tumpukan benih.
Setelah selesai mencabuti benih, Pak Wiryo dan Bu Wiryo menanam benih tersebut. Teguh juga tidak mau ketinggalan. Mereka menanam benih dengan cekatan. Sambil berjalan mundur benih itu ditanamkan. Walaupun cuaca agak panas, mereka tetap bersemangat menanam benih. Sementara itu, Lina menyiapkan minuman dan makanan kecil di gubuk.
Pukul 11.00 semua beristirahat di gubuk. Lina segera melayani bapak, ibu, dan kakaknya. Mereka makan dengan lahap karena mereka terlihat sangat letih. Lina juga ikut makan. Dalam sekejap, hidangan yang disediakan Lina habis. Setelah selesai makan mereka beristirahat sebentar, kemudian kembali melanjutkan pekerjaan masing-masing. Pak Wiryo, Bu Wiryo, dan Teguh kembali menanam benih padi sedangkan Lina membersihkan peralatan makan.
Pukul 13.30 mereka selesai menanam benih. Setelah berkemas dan membersihkan diri, mereka segera pulang. Teguh dan Lina sangat senang bisa membantu pekerjaan orang tuanya. Pak Wiryo dan Bu Wiryo pun bangga terhadap anak-anaknya.



Latihan
Bacaan di atas terdiri dari lima paragraf. Carilah pikiran pokok pada paragraf kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Untuk paragraf pertama sudah ada pada contoh 4.



Catatan
Paragraf adalah bagian dari suatu karangan yang mengandung pikiran pokok/utama, gagasan pokok atau gagasan utama. Paragraf juga disebut dengan alinea (baris baru pada tulisan).



Membaca Teks dan Menemukan Pikiran Pokok Bacaan, Bahasa Indonesia Kelas 4 SD
Buku Sekolah Elektronik, Departemen Pendidikan Nasional

Link Terkait

Membaca Sekilas

Tidak ada komentar: