Bermain Alat Musik Ritmis

Adakah teknik atau cara bermain alat musik ritmis yang benar? Tentu saja ada. Dengan teknik yang benar, permainan alat musik ritmis menjadi enak didengar dan sesuai dengan irama lagu. Dalam pembahasan ini kamu akan mempelajari cara bermain alat musik ritmis, mulai dari persiapan hingga menyajikannya di hadapan penonton.


A. Bermain Alat Musik Ritmis

Kamu telah mengetahui bahwa alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak bernada. Alat musik ritmis ada bermacam-macam di antaranya triangle, tamborin, dan marakas. Alat musik ritmis mempunyai fungsi tunggal yaitu mengatur jalannya irama lagu.

Bermain alat musik ritmis yaitu memainkan alat musik ritmis dalam suatu lagu dengan mengutamakan ketepatan irama. Dalam bermain alat musik, ritme merupakan unsur utama yang dapat memberi hidup dan kesan yang sesuai pada musiknya. Ritme dapat ditulis menggunakan simbol tertentu atau not balok yang disebut notasi irama. Perhatikan notasi irama berikut.


























B. Mempertunjukkan Permainan Alat Musik Ritmis

Pertunjukan permainan alat musik ritmis merupakan suatu kegiatan dalam mempertunjukkan permainan alat musik ritmis kepada orang banyak. Kegiatan itu dapat dilakukan di tempat tertentu atau di gedung pertunjukan.

Suatu pertunjukan musik tentu mempunyai maksud dan tujuan. Maksud dan tujuan pertunjukan musik di antaranya sebagai media apresiasi, uji keterampilan bermusik, atau sebagai pelestarian budaya bangsa. Adapun unsur-unsur pertunjukan musik meliputi materi pertunjukan, pemain, dan penonton. Materi pertunjukan berupa musik yang dimainkan. Pemain merupakan orang yang terlibat langsung dalam pertunjukan. Penonton merupakan orang yang menikmati pertunjukan musik.

Dalam menyelenggarakan pertunjukan permainan alat musik ritmis, kamu perlu melakukan beberapa persiapan sebagai berikut.

1. Membentuk panitia kecil
Panitia kecil bertugas mengurusi segala sesuatu yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pertunjukan musik.

2. Menentukan materi ujian
Materi sajian berupa notasi irama yang akan dimainkan menggunakan alat musik ritmis. Berikut contoh notasi irama dengan menggunakan berbagai alat musik ritmis.

3. Menentukan waktu dan tempat
Pemilihan waktu dan tempat dapat dibicarakan dengan guru kelas. Waktu pertunjukan sebaiknya dipilih dengan tidak mengganggu mata pelajaran lainnya. Tempat pertunjukan dapat dilakukan di ruang kelas dengan ditonton oleh siswa lainnya.

4. Melaksanakan latihan
Latihan sebaiknya dilakukan secara rutin dan bertanggung jawab. Hal ini bertujuan agar dalam pementasan dapat berhasil dengan baik.

5. Pelaksanaan pertunjukan





Kegiatan
  1. Buatlah sebuah pertunjukan permainan alat musik ritmis di kelas. Lakukan persiapan seperti pada contoh di atas.
  2. Buatlah kelompok terdiri atas tiga sampai lima orang. Siapkan materi sajian pertunjukan permainan alat musik ritmis untuk dipertunjukkan.






Bermain Alat Musik Ritmis, Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 4 SD
Buku Sekolah Elektronik, Departemen Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar: